3 Dimensi Sukses


Oleh : Abdurrahman Hafid

Banyak orang mengartikan makna sukses. Setiap orang berhak mendefinisikan istilah sukses dari sudut pandang mereka masing-masing. Dari sekian banyak definisi, maka definisi tersebut memliki dimensi-dimensi sebagai penyempurna seluruh arti sukses dalam segala hal. Kita akan melihat apa saja tiga dimensi tersebut dan bagaimana dimensi tersebut bekerja sebagai bagian terpenting dalam kesuksesan. Dimensi-dimensi tersebut adalah:

 

1. Dimensi membangun image diri

 

Dimensi membantun image diri adalah dimensi awal dalam membangkitkan sebuah kekuatan yang maha dahsyat yant dimiliki oleh setiap orang. Maka dimensi ini layak sebagai dimensi tahap awal untuk seseorang membangkitkan semangat untuk lebih maju dan sukses. Dimensi membangun image diri ini bekerja secara otomatis bersamaan dengan cita-cita seseorang, ketika seseorang memiliki cita-cita, maka orang tersebut sesungguhnya telah membangun image dirinya untuk menjadi apa yang ia inginkan atau apa yang ia cita-citakan.

 

Peranannya sangat besar untuk menyemangati diri sendiri, ia lahir dari sebuah keinginan yang kuat, cita-cita yang membumi, yang akarnya sudah menjalar ke sendi-sendi yang lain untuk menjadi apa yang ia citakan, akhirnya seluruh badan akan merasa panas untuk bergerak mencapai sesuatu tersebut. Kita harus mengetahui apa yang sesungguhnya kita inginkan dari diri kita. Apa yang kita tau dari diri kita, apa yang sebenarnya kita inginkan, kita mau dan kita wujudkan, imajinasikan terlebih dahulu diri kita dalam pikiran kita. Kalau kita ingin menjadi diri sukses sebagai seorang dokter, maka kita harus bayangkan kalau kita adalah seorang dokter, kita bayangkan kalau kita menggunakan seragam dokger seperti apa, bagaimana seorang dokter bekerja, dan yang memakai seragam, yang sedang bekerja yang kita bayangkan tentang dokter, adalah diri kita. Bayangkan itu, tanamkan cita-cita itu, berikan sebuah kekuatan mimpi yang luar biasa pada diri kita, kalau pada saat itu kitg adalah apa yang kita bayangkan. Kalau kita berhasil membuat bayangan yang sesungguhnya pada diri kita, maka itulah kita, dan Anda telah melewati tahap awal untuk menjadi diri Anda, untuk menjadi pribadi sukses. Selamat datang di tahap awal sukses dan selamat menjemput tahapan sukses selanjutnya!

 

2. Dimensi membangun kekuatan pikiran

 

Dimensi yang kedua adalah dimensi membangun kekuatan pikiran, dimensi yang juga tidak kalah dahsyatnya dalam sebuah peran merintis kesuksesan. Setelah melewati dimensi pertama, yaitu dimensi membangun image diri, kita akan melewati dimensi selanjtnya yaitu dimensi membnagun kekuatan pikiran.

 

Dimensi membangun kekuatan pikiran. Sebuah cara alternative yang dibutuhkan pada era ini, sebuah jawaban bagaimana sebuah kekuatan pikiran membantu sebuah kesuksesan. Kekuatan pikiran membutuhkan pola pikir yang sehat, pola pikir yang betul-betul menembus batas-batas yang sudah ada, yang menjadi kesepakatan orang pada umumnya. Sangat berbeda antara pikiran dengan kekuatan pikiran. Sekarang kita akan menuju sebuah kekuatan atau “power”, power dari sebuah kekuatan pikiran. Anda, saya dan kita semua akan diajak berjalan-jalan untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya kekuatan pikiran itu bekerja. Baiklah, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat catatan-catatan negative yang sudah menjadi kesepakatan orang banyak. Catatan – catatan tersebut adalah :

 

 

1. Gagal

2. Salah

3. Kalah

4. Tidak Bisa; dan

5. Tidak Mungkin

 

Lima catatan ini dirasa mewakili dari berbagai catatan negative dalam diri kita, catatan yang selalau menghantui orang untuk bergerak lebih maju, catatn yang secara tidak terasa ternyata telah membunuh diri kita sendiri, membunuh kreativitas, membunuh inovasi, membunuh motivasi dan membunuh segalanya dari diri kita, dari “super star” diri kita. Berarti sekarang bagaimana caranya kita merubah segala yang negative menjadi positif, merubah kegagalan, kesalahan, kekalahan, ketidakmungkinan, ketidakbisaan menjadi tidak ada dalam diri kita. Baiklah, marilah kita meng up-grade seluruh software negative dalam diri kita, kita ganti dengan seluruh software yang positif dan kita buat agar komponen tercanggih dalam diri kita seolah tidak pernah mengenal software-software negative yang pernah ada. Baiklah, cara yang selanjutnya ada kita membuat software pengganti dari software negative yang pernah ada, yaitu sebagai berikut:

 

1. Sukses Kecil

2. Benar Kecil

3. Menang

4. Mungkin; dan

5. Bisa

 

Baiklah, inilah software terbaru yang kita miliki, sekarang kita install software tersebut dalam diri kita, masukkan ke dalam industry terhebat otak kita, jadikan sebagai produk tercanggih yang telah berhasil kita produksi. Kita hidup kembali dalam diri kita yang baru, yang tidak pernah mengenal istilah yang sebelumnya, kita sebut sebelumnya karena ketika kita sudah membaca halaman dari buku ini, berarti kita anggap kita sudah melupakan software negative yang sudah kita buang, dan tidak pernah mengenal istilah itu, yang ada sekarang adalah istilah terbaru yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya kita nanti akan melihat penjelesannya bagaimana software terbaru kita bekerja di halaman-halaman selanjutnya dalam buku ini.

 

3. Dimensi membangun potensi diri

 

Selamat datang pada dimensi terakhir menuju kesuksesan. Dimensi yang mengajarkan Anda untuk lebih mengenal di mana sebenarnya potensi dir Anda tertidur. Sekarang saatnya bangkitkan raksasa yang sedang tertidur dalam diri Anda. Anda dapat membangkitkan potensi diri Anda melalui berbagai macam cara.

 

Beginilah sukses dirintis secara bertahap, secara teratur. Dan yang mengaturnya adalah diri kita sendiri. Anda tentu pernah melewati masa kanak-kanak Anda, Anda tentu pernah melewati masa lalu, dan Anda tentunya pernah merasakan sebuah kenangan pada masa-masa itu. Sekarang saatnya, menginat-ngigat kembali masa-masa itu sebagai bagian dari usaha untuk membangikitkan dan membangun potensi diri kita. Sesungguhnya setiap orang memiliki segala potensi yang ada di dunia ini, asalkan orang tersebut memiliki keinginan untuk memiliki dan mampu dalam potensi tersebut, termasuk saya dan Anda sendiri. Sebab, logikanya adalah seperti seorang anak bayi yang sedang belajar berdiri dan berjalan, dari proses berjalan tersebut akhirnya menuju hasil yang sempurna, yaitu berjalan. Sama dengan Anda, saya dan kita semua ketika masa kanak-kanak belajar berjalan.

 

Mari kita lahirkan potensi diri kita sebagai bukti dari kekuatan membangunimage diri kita, kekuatan berpikir kita. Sebab, membangun potensi diri adalah buah dari membangun image diri dan kekuatan pikiran kita.

 

 

 

………………………………………………..

 

3 DIMENSI SUKSES

 

Dimensi Membangun Image Diri.1

Dimensi Membangun Kekuatan Pikiran.2

Dimensi Membangun Potensi Diri.3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s